tergolong : NEWS
SMPN 1 GENTENG Mengadakan UTS
UTS merupakan
salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Evaluasi ini berupa
pemberian penilaian terhadap kemampuan mahasiswa dalam menerima, memahami, dan
menguasai bahan studi, yang disajikan sesuai dengan kurikulum, dan menilai
perubahan sikap dan keterampilan.
Adapun
tujuan pelaksanaan UTS sebagai berikut: Untuk
mengetahui pencapaian hasil belajar mahasiswa yang meliputi ranah kognitif,
efektif, dan psikomotor dalam kurun waktu studi tertentu. Untuk mengetahui
efektivitas proses pembelajaran. Untuk menetapkan derajat hasil belajar dalam
kategori cumlaude, sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang, dan gagal.
Pada tanggal 29 September 2014 SMPN
1 GENTENG mengadakan Ujian Tengah Semester. Ketua Panitia Ujian Tengah Semester
adalah Pak Pri Hendarmanto. Keistimewaan Ujian Tengah Semester di SMPN 1
Genteng ini adalah hampir seluruh mata pelajaran dilakukan dengan cara pratek.
Tujuan ulangan tengah semester
dilakukan secara praktek adalah agar siswa mengerti jelas apa yang diajarkan
guru dengan melihatnya langsung.Contoh matapelajaran yang menggunakan teori
praktek adalah Ilmu Pengetahuan Alam dan salah satu guru IPA adalah bu chusnul
hayati.
Bu chusnul mempratekan tentang gaya
ohm. Yang dibuktikan dengan cara membuat elektroskop, sedotan plastik yang
digosokan dengan jari yang mebuat energi negatif pindah kesedotan dan jika
sedotan itu ditaruh diatas botol dan jari yang digunakan untuk menggosok tadi
didekatkan akan terjadi sedotan itu akan bergerak tolak menolak.
Ulangan tengah semester ini mulai
pukul 07.00-12.20 dan satu hati berisikan dua mata pelajaran yang diujikan.
Ulangan tengah Semester di akhiri pada tanggal 04 oktober 2014 tepatnya hari
Sabtu karena hari sabtu itu ada idul adha bagi yang melaksanakan nya akhirnya
jadwal hari sabtu di ubah di hari selasa.
tergolong : NEWS
Pengetahuan
dalam kurikulum 2013 sama seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya, yaitu
penekanan pada tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran. Nilai dari aspek
pengetahuan bisa didapat dari Ulangan Harian, Ujian Tengah/Akhir Semester, dan
Ujian Kenaikan Kelas.
Keterampilan
merupakan aspek baru dalam kurikulum di Indonesia. Keterampilan merupakan
penekanan pada skill atau kemampuan. misalnya adalah kemampuan untuk
mengemukakan pendapat, berdiksusi/bermusyawarah, membuat laporan, serta berpresentasi.
Aspek sikap
merupakan aspek yang agak sulit untuk dinilai. Sikap meliputi sopan santun,
adab dalam belajar, absensi, sosial, dan agama. Diperlukan kerja sama yang baik
antara orang tua,guru mata pelajaran, wali kelas dan guru BK agar penilaian
aspek ini lebih optimal.
Kurikulum
2013 masih dalam tahap uji coba, keberjalanannya sudah berlangsung kurang lebih
8 bulan, banyak keluhan-keluhan yang muncul dari sana sini... guru
mengeluh, murid pun mengeluh, orang tua pun disibukkan dengan mendengar keluhan-keluhan
dari anak-anaknya.
Lanjut kan membaca pada halaman
guru
mengeluh, karena harus mengalokasikan waktu untuk mengikuti pelatihan dan
sosialisasi kurikulum 2013, kadang jadwal pelatihannya pada saat KBM yang
seharusnya guru mengajar di kelas.
Murid
mengeluh karena seringkali guru tidak masuk kelas, hanya sekali masuk kelas,
yang diajarkannya hanya sebatas materi umum dan hanya memuat tugas buat siswa.
orang tua
mengeluh karena anaknya uring-uringan gara-gara pelajaran yang diajarkan
gurunya tidak dimengerti, ada tugas numpuk pun tak dapat dikerjakan, mau
ngerjain apa, mengerti saja tidak. Sebagian kecil fakta yang ditemukan dengan
pemberlakuan kurikulum 2013 yang akan menimbulkan malapetaka penyimpangan moral
generasi:
tetapi pembina kurikulum 2013 smp n 1 genteng mepunyai kesan tersendiri “ kurikulum 2013 akan membuat mutu pendidikan meningkat” ujarnya. Kurikulum 2013 ini sudah dilaksana kan kurang lebih 1 tahun di smpn 1 genteng.
tetapi pembina kurikulum 2013 smp n 1 genteng mepunyai kesan tersendiri “ kurikulum 2013 akan membuat mutu pendidikan meningkat” ujarnya. Kurikulum 2013 ini sudah dilaksana kan kurang lebih 1 tahun di smpn 1 genteng.
“Bapak Ibu
guru pada mulanya merasa kesulitan mereka merasa tidak mampu namun setelah
diklat kurikulum 13, bapak ibu guru berubah, ternyata lebih menyenangkan. Hanya
saat proses penilaian panjang. Namu proses akhirnya menyenangkan bisa
meningkatkan mutu pendidikan” ujar pembina kurikulum 2013 smp n 1 genteng
Tetapi siswa smp n 1 genteng banyak yang
mengeluh karena guru jarang masuk kelas. Tetapi pembina kurikulum 2013 menyadar
kan siswa. “Pada bulan juli-agustus harus menerima karena banyak nya kegiatan.
Guru guru tidak bisa mengajar dengan maksimal, mengoreksi harus fleksibel, dan
kita harus mencari informasi dari berbagai sumber. Agar informasi lebih jelas,
lebih tepat, lebih akurat.” Ujar nya kembali
Siswa smp n 1 genteng merasa tertekan
tetapi ada juga yg menyenangkan. “ sebenarnya saya suka dengan kurikulum 2013
ini tetapi saya belum bisa menyusuaikan”.
Tips dan
trik mengerjakan PR bagi siswa
Biasanya ketika belajar di sekolah
maupun di kampus, seseorang akan sering diberikan tugas-tugas yang harus
dikerjakan di rumah atau yang biasa kita kenal dengan sebutan PR atau Pekerjaan
Rumah. PR biasanya dikerjakan di rumah setelah jam belajar di sekolah atau
kampus selesai. Pekerjaan rumah boleh dikerjakan sendiri maupun secara
berkelompok tergantung selera masing-masing.
Fungsi dan tujuan PR yang mulia
adalah untuk memaksa para pelajar dan mahasiswa untuk mau belajar di luar
lingkungan sekolah atau kampus, sehingga tidak menggunakan waktu luangnya untuk
hal-hal yang tidak baik.
Tetapi terkadang guru menyamaratakan
semua siswa dengan memberikan PR yang sama kepada seluruh siswa pelajar.
Padahal ada pula murid yang memiliki kesibukan lain yang penting bagi masa
depannya. Contohnya seperti sibuk membantu orang tua mencari nafkah, sibuk
membantu orangtua mengurus adik-adik yang masih kecil, sibuk dengan
kursus-kursus maupun bimbingan-bimbingan belajar yang diikuti, sibuk berlatih
untuk persiapan suatu lomba, dan lain sebagainya. Parahnya lagi apabila hampir
semua mata pelajaran menghadiahi para pelajarnya PR yang harus dikerjakan
secara bersamaan.
Disini saya akan memberikan cara
mengerjakan PR dengan baik dan benar.20 CARA BELAJAR YANG BAIK DAN BENAR
1. Belajar Kelompok
2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
3. Membuat Perencanaan Yang Baik
4. Disiplin Dalam Belajar
5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
6. Belajar Dengan Serius dan Tekun
7. Hindari Belajar Berlebihan
8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian.
9. Jadilah seorang pemimpin. Latihlah rasa tanggung jawabmu.
10. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
11. Jangan malu untuk bertanya.
12. Kerjakan PR
13. Selalu Mengulang Pelajaran yang Sudah diajarkan
14. Cukup istirahat, makan dan bermain.
15. Banyak berlatih pelajaran yang kurang disukai.
16. Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang kamu senangi.
17. Cari seorang pembimbing yang baik.
18. Jangan suka mencontek teman.
19. Niat dengan sungguh-sungguh
20. Lokasi dan situasi yang kondusif.
BELAJAR HARUS RAJIN TAPI JANGAN BERLEBIHAN. DAN JANGAN LUPA BERDOA SEBELUM BELAJAR
0 komentar:
Posting Komentar